Pemrograman Berbasis
Objek atau Object
Oriented Programming (OOP) adalah sebuah tata cara pembuatan program (programming
paradigm) dengan menggunakan konsep “objek” yang memiliki data (atribut yang
menjelaskan tentang objek) dan prosedur (function) yang dikenal dengan method.
Tujuan metode ini adalah untuk meningkatkan produktivitas programmer dengan
meningkatkan ekstensibiltas dan penggunaan kembali perangkat lunak,
mempersingkat waktu dan menurunkan biaya pengembangan rekayasa perangkat lunak.
1. Object
Objek adalah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan
(template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu
sendiri.
Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel dan lainlain.
2. Property
Property (atau disebut juga dengan atribut) adalah data yang terdapat dalam sebuah class.
Contoh : pada class laptop, property dari laptop bisa berupa merk, warna, jenis processor, ukuran layar, dan lain-lain.
3. Method
Method adalah merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh
suatu object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object.
Contoh : pada object mangga : terdapat method ambilRasa , kupasKulit dan lain-lain.
4. Class
Class adalah merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant
dari object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan
attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.
Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit dan lain-lain.
5.State
Setiap objek selalu memiliki suatu keadaan (state) dan behaviour yang dapat mengubah state tersebut.
Contoh, manusia memiliki state: umur, tinggi, berat badan, dan sebagainya.
6. Instantiation dan Instance
Instantiation adalah proses pembuatan obyek spesifik yang merupakan anggota atau instan dari kelas, objectnya disebut Instance jadi Instantiation adalah pembuatan instance.
Instance variable: adalah atribut untuk tiap obyek dari class yang sama, variabel yang memiliki nilai yang berbeda di setiap objek
Instance Method adalah fungsi yg beroperasi pada objek untuk memanipulasi state objek lewat pesan yg diterima dari obek lain
Class variable: adalah atribut untuk semua obyek yang dibuat dari class yang sama
Objek adalah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan
(template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu
sendiri.
Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel dan lainlain.
2. Property
Property (atau disebut juga dengan atribut) adalah data yang terdapat dalam sebuah class.
Contoh : pada class laptop, property dari laptop bisa berupa merk, warna, jenis processor, ukuran layar, dan lain-lain.
3. Method
Method adalah merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh
suatu object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object.
Contoh : pada object mangga : terdapat method ambilRasa , kupasKulit dan lain-lain.
4. Class
Class adalah merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant
dari object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan
attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.
Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit dan lain-lain.
5.State
Setiap objek selalu memiliki suatu keadaan (state) dan behaviour yang dapat mengubah state tersebut.
Contoh, manusia memiliki state: umur, tinggi, berat badan, dan sebagainya.
6. Instantiation dan Instance
Instantiation adalah proses pembuatan obyek spesifik yang merupakan anggota atau instan dari kelas, objectnya disebut Instance jadi Instantiation adalah pembuatan instance.
Instance variable: adalah atribut untuk tiap obyek dari class yang sama, variabel yang memiliki nilai yang berbeda di setiap objek
Instance Method adalah fungsi yg beroperasi pada objek untuk memanipulasi state objek lewat pesan yg diterima dari obek lain
Class variable: adalah atribut untuk semua obyek yang dibuat dari class yang sama
Contoh Program Class:
Contoh kelas sederhana
public class Mahasiswa {
private String nim;
private String nama;
public String getNama() { // method brp Fungsi
return nama;
}
public void setNama(String nama) { // method brp procedure
this.nama = nama;
}
public String getNim() { // method brp Fungsi
return nim;
}
public void setNim(String nim) { // method brp procedure
this.nim = nim;
}
}
Contoh Program Java Untuk Pemrograman Berorientasi Objek
Atribut:private String nama
private String alamat
private int umur
Konstruktor:
this.Nama = nama;
this.Alamat = alamat;
this.Umur = umur;
Method:
public static void()
Diagram:
Person
String nama;
String alamat;
int umur;
public Person(String nama, String alamat, int umur)
public static void()
Contoh program dalam diagram tersebut :
import java.util.Scanner;
public class Person
{
private String Nama;
private String Alamat;
private int Umur;
public Person(String nama,String alamat, int umur)
{
this.Nama = nama;
this.Alamat = alamat;
this.Umur = umur;
}
public void info(){
System.out.println("Nama = "+this.Nama);
System.out.println("Alamat = "+this.Alamat);
System.out.println("Umur = "+this.Umur);
}
public static void main(String args[])
{
Scanner masuk = new Scanner(System.in);
System.out.print("Masukkan Nama: ");
String nm = masuk.nextLine();
System.out.print("Masukkan Alamat: ");
String alamat = masuk.nextLine();
System.out.print("Masukkan Umur: ");
int Umur = masuk.nextInt();
Person oop = new Person(nm,alamat,Umur);
oop.info();
}
}
Sugoi fii :)
BalasHapus